Jamu Borobudur » Artikel » Khasiat dan Manfaat Daun Seledri

Kandungan yang terdapat di Daun Seledri

Daun Seledri ( Apium graveolens . L ) sudah banyak digunakan sebagai penyedap masakan dengan rempah – rempah bumbu masakan yang sudah dipadukan dengan bumbu rempah lainnya ,  Namun tahukan anda ternyata  di dalam Daun Seleri terdapat manfaat- manfaat yang bisa menguntungkan bagi kesehatan tubuh kita , kandungan tersebut sudah mulai dikenal dan sekarang sudah banyak dijadikan sebagai alternative pengobatan herbal. Yang bertujuan agar bisa membantu menyembuhkan penyakit dalam tubuh kita dengan memanfaatkan kandungan dari daun Seleri ini .

PT JAMU BOROBUDUR  HERBAL INDUSTRY  Telah  memberikan produk rempah dari ekstrak seleri , dengan khasiat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi , Anti Cemas dan Menurunkan Kolesterol , Bororbudur Herbal  Industry  telah memproduksi  Produk SELERI  dengan komposisi  yang  tepat,  kemudian di kemas dalam bentuk kapsul , dengan tujuan mempermudah mengkonsumsi  tanpa  menggurangi dari manfaat dan khasiat dari SELERI yang sudah Terlahirkan sebagai salah satu obat herbal yang memberikan manfaat , dan khasit bagi tubuh kita.

Daun seleri  yang berbentuk kecil Keriting , dan secara kasat mata daun ini tidak ada bedanya dengan daun kecil lainnya ,  dan  banyak  beranggapan  daun seleri / seledri  sebagai halnya sebuah  rumput / tanaman biasa saja yang mengotori dan menjadi hama tanaman lainnya. Namun  di balik bentuknya yang tidak meyakinkan itu daun ini mengantongi berbagai  kandungan  dan khasiat yang membuat terangkat nama nya dari bentuknya.

Kandungan  tanaman ini sebagai berikut : asam amino, boron , kalsium , klorin, asam lemak esensial, folat, inositol, besi , magnesium , mangan , fosfor , potasium , selenium, sulfur, seng. Klandungan lain  yang dimiliki oleh daun seledri  yaitu vitamin A , vitamin B1 , vitamin B2 , vitamin B3 , vitamin B5 , vitamin B6 , vitamin C, vitamin E dan vitamin K .

Kandungan Terkaya dari daun seleri ini adalah Vit C , yang sangat bermanfaat  sebagai khasiat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi , Anti Cemas  , Menurunkan Kolesterol  dan  mencegah kanker.

Selain itu kandungan kalsiumnya yang tinnggi daun seleri dapat menenangkan saraf.  seledri membantu orang untuk tenang. Seledri berperan sebagai antioksidan . Seluruh bagian seledri termasuk benih, akar dan daun, dapat digunakan.

Kandungan Zat Aktif Dari Daun seleri

Apiin, apigenin, manitol, volatile oil, glycosides, furanocoumarins, flavonoids

Hasil Penelitian

1. Aalthe Dondokambey, JF FMIPA UNHAS, 1985.

Pemberian infuse seledri dengan cara peras maupun refluks menunjukkan penurunan tekanan darah.

2.     Fimelta Winata, FF WIDMAN, 1988.

Infus daun seledri dengan kadar 10% sebanyak 5 ml/kg/bb akan memberikan efek penurunan kadar asam urat darah secara nyata, jika dibandingkan dengan pemberian probenecid 20 mg/kg berat badan pada 3,4,5 dan 6 jam.

Darah tinggi (hipertensi) merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya tekanan darah. Tekanan darah normal 120/80 mmHg (milliliter air raksa).

Risiko hipertensi jika tidak segera diobati adalah Tekanan Darah tinggi yang menyebabkan jantung memompa lebih keras, yang akhirnya mengakibatkan gagal jantung. Pembuluh juga akan lebih mengeras guna menahan Tekanan Darah yang meningkat dan akan terjadi serangan otak (Stroke) dengan kelumpuhan separuh tubuh akibat pecahnya suatu kapiler.

JENIS HIPERTENSI :

  1. Hipertensi esensial, yaitu hipertensi yang belum diketahui penyebabnya secara pasti.

        Hipertensi ini dapat terjadi pada orang muda atau orang dewasa. Walaupun belum dapat diketahui secara pasti penyebabnya, tetapi kemungkinan terjadi karena ada kelainan kelenjar endokrin, kelainan fungsi ginjal, kelainan fungsi metabolisme (dapat menyebabkan komposisi darah menjadi kurang normal), atau faktor umum bersifat bawaan.

  1. Hipertensi sekunder, yaitu hipertensi yang sudah diketahui penyebabnya.

        Hipertensi sekunder lebih mudah diatasi dibanding hipertensi esensial karena faktor penyebabnya sudah diketahui.

GEJALA-GEJALA HIPERTENSI

  • Sakit kepala
  • Rasa pegal ditengkuk
  • Rasa berputar  – putar (vertigo)
  • Jantung berdebar lebih cepat
  • Emosional (cepat marah)

Faktor Penyebab meningkatnya tekanan darah

  • Stres atau tekanan kejiwaan
  • Penyakit atau gangguan ginjal
  • Kehamilan atau pemakaian pil pencegah kehamilan.
  • Pemakaian obat terlarang seperti heroin, kokain, atau jenis narkoba lainnya.
  • Cedera dikepala atau pendarahan di otak yang berat.
  • Tumor di otak atau sebagai reaksi dari pembedahan.

TIPS UNTUK PENDERITA HIPERTENSI

  • Bagi  yang kegemukan, sebaiknya turunkan berat badan.
  • Konsumsi serat dan sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.
  • Batasi konsumsi gula, garam, kafein, makanan kaya lemak, dan makanan kaleng.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Belajar mengendalikan stress.
  • Hentikan kebiasan merokok.
  • Menghindari minuman beralkohol
  • Cukup istirahat dan tidur

REFERENSI

1.     Anonym, 2000, Acuan Sedian Herbal, Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

2.    Lily M Perry, Medicinal Plants of East and Southeast Asia, The MIT Press London, England

3.   http://id.wikipedia.org/wiki/Seledri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>