Jamu Borobudur » Artikel » Jati Belanda Untuk Menurunkan Kolesterol

JATI BELANDA (West Indian Elm / Guazuma ulmifolia)

 

Mengurangi Penyerapan dan Akumulasi Lemak dalam Tubuh , Membantu Menurunkan Berat Badan serta Menurunkan Kolesterol

Lemak tubuh diperoleh melalui 2 cara yaitu sintesis di dalam tubuh dan melalui makanan yang kita konsumsi setiap hari. Dalam keadaan normal, tubuh hanya memerlukan lemak dalam jumlah tertentu. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, akan menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh yang disebut dengan obesitas.

Penyebab obesitas memang sebagian besar disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat terutama terkait makanan yang dikonsumsi disamping penyebab lain yang kecil antara lain lingkungan, keturunan, alcohol dan kurangnya aktivitas fisik. Tingkat obesitas seseorang dapat diukur dengan rumus BMI (Body Mass Index). Apabila nilai BMI berada di antara 25 dan 29.9 maka masuk kategori overweight (kelebihan berat badan) sedangkan diatas 30 masuk kategori obesity (kegemukan). Rumus BMI:

 

, dimana BB = Berat Badan dan TB = Tinggi Badan

 

 

Akumulasi lemak berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan karena organ jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah keseluruh tubuh dikarenakan pembuluh darah “terjepit” diantara lemak di daging. Selain itu, lemak di dalam pembuluh darah dapat mengendap dan mempersempit pembuluh darah. Hal tersebut akan menyebabkan komplikasi antara lain kolesterol, DM tipe II, hipertensi, sakit ginjal, stroke hingga kematian.

Obesitas dapat diatasi dengan pemberian obat, diet, olahraga atau operasi. Pemberian obat biasanya lebih disukai karena hasilnya lebih baik, namun efek sampingnya juga membahayakan. Hampir semua obat obesitas menyebabkan kerusakan terutama di jantung dan ginjal pada pengkonsumsian rutin. Pengkonsumsian herbal dapat menghindarkan efek samping tersebut karena aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu herbal yang banyak digunakan adalah Jati Belanda. Jati Belanda adalah tanaman yang banyak terdapat di iklim tropis dan banyak terdapat di Indonesia. Bagian tanaman yang digunakan adalah daunnya yang mengandung banyak tanin dengan senyawa aktif friedelin 3β-ol.

Khasiat dan Mekanisme Kerja Jati Belanda

Jati belanda bekerja dengan cara melapisi dinding usus halus sehingga ketika makanan melewati usus halus, lemak yang terkandung di dalamnya tidak dapat diserap oleh permukaan usus. Hal ini akan mengurangi penimbunan lemak tubuh. Ketika kita beraktivitas atau berolahraga, lemak yang telah ada di dalam tubuh akan dirombak menjadi energi untuk memenuhi kebutuhan kita sehingga lemak tubuh kita akan berkurang dan berat badan kita menjadi ideal.

Selain berfungsi sebagai penurun berat badan tubuh dengan mekanisme fat blocker, jati belanda juga memiliki banyak khasiat lain yang bermanfaat, antara lain :

  1. Mengurangi kadar gula dalam darah (antihiperglikemia)
  2. Menurunkan kolesterol (antihiperlipidemia)
  3. Memiliki aktivitas antioksidan dengan menghambat lipid peroksida dan radikal hidroksil
  4. Memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi (antiperadangan)
  5. Dapat digunakan sebagai terapi pendamping pada gangguan kardiovaskuler dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Referensi

  1. Alarcon-Aguilara, F. J., et al. Study of the Anti-hyperglycemic effect of plants used as antidiabetics. J. Ethnopharmacol. 1998; 61(2): 101-110.
  2. Elin YS, Elfahmi, Nurdewi. Pengaruh pemberian ekstrak air daun jati belanda (Guazuma ulmifolia Lamk.) terhadap kadar lipid darah pada tikus jantan. Tesis S-2 ITB.
  3. Barros, G. S. G., et al. Pharmacological screening of some Brazilian plants. J. Pharm. Pharmacol.1970; 22: 116 – 128.
  4. Shahat, A. A., et al. Antiviral and antioxidant activity of flavonoids and proanthocyanidins from Crataegus sinaica. 2002; 68(6): 539-41.
  5. Bork, P. M., et al. Sesquiterpene lactone containing Mexican Indian medicinal plants and pure sesquiterpene lactones as potent inhibitors of transcription factor NF-KB. Febs. Lett. 1997; 402(1):85-90.
  6. Vieira, J. E. V., et al. Pharmacologic screening of plants from Northeast Brazil II Rev. Brasil Farm. 1968; 49: 67-75.

 
Produk Borobudur Herbal Dari Ekstrak Jati Belanda = Jati Belanda , Modi , Pingset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>